Naisbit mengatakan guru itu juga seorang Fasilitator disamping
tentunya Mengajar...Pengertian Fasilitator
disini adalah Memfasilitasi, menghibur dan melayani (Pemimpin itu melayani)
seperti juga sering disebut - sebut sebagai Servant Leader.. Hubungannya dengan
seorang Siswa sudah pasti Siswa berbeda - beda antara satu dengan yang lainnya
untuk karakter saja ada 4 jenis seperti Sanguinis, Melankolis, Phlegmatis,
Choleric.. Siswa Sangunis adalah Orang yang senang bergaul memiliki banyak
teman tentunya.. Siswa Melankolis adalah Orang yang tertutup biasanya Siswa
yang cerdas di sekolah maupun Universitas..Siswa Phlegmatis adalah Orang yang
terlihat tenang dan mudah diatur.. Siswa Choleric adalah Orang tidak terlalu
terbuka tetapi berpendirian keras dan seorang yang cenderung memilki sifat
dominan.. Masih ada penggolongan yang lain baik itu melalui Gol darah, Otak
kiri / kanan, MBTI, analisa Tulisan tangan dlsb.. Dari semua pengggolongan
tersebut tentunya sekarang sampai pada bagaimana caranya menggunakan peta
tersebut didalam menghadapi Siswa.. ada beberapa cara tentunya pendekatan
spiritual konsep kalau sekolah berperan sebagai 3 A (Alloh (Ibadah), Amanah
(Yang dipegang teguh baik oleh siswa maupun guru) dan Anak (Yang mempunyai masa
depan panjang dan harus mampu mengisinya dengan baik) Bisa juga digunakan
Pendekatan karakter disertai cara belajar Visual, Auditory, Kinestik bisa pula
dipakai... Yang terakhir menggunakan pendekatan berbau psikologis dengan
berbagai macam tools therapy seperti NLP, EFT, Grapho Therapy didalam penggunaan tentunya disesuaikan dengan situasi kondisi maupun
toleransi dengan berpikiran ke depan.. Semuanya masuk dalam " Pengelolaan
Strategi Bagi Seorang Anak " yang sebenarnya membimbing anak mengenal
karakter, kompetensi, keinginan, kans dan kompetisi yang dihadapi.....Sumonggo
Pak Kepsek silahkan dicoba Pak sekedar masukan menjelang weekend " Have a
Bless and Pleasant Weekend " Pak Kepsek....(Komentar di FB untuk seorang sahabat yang menjadi Principal di salah satu SMP Islam Jakarta Utara)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar